Minggu, 21 Oktober 2012

Kisah roh dan Malaikat Maut

     Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa apabila Allah swt. menghendaki seorang mukmin dicabut nyawanya, akan datanglah malaikat maut ( 'Izrail). Ketika malaikat maut hendak mencabut roh orang mukmin itu dari arah mulut, keluarlah perkataan dari mulut orang mukmin itu, "Tidak ada jalan bagimu mencabut roh orang ini melalui jalan ini, karena orang mukmin ini senantiasa menjadikan lidahnya berzikir kepada Allah swt."
     Setelah malaikat maut mendengar penjelasan itu, dia kembalikepada Allah swt. dan mejelaskan apa yang diucapkan oleh mulut orang mukmin itu. lalu Allah swt. berfirman,"Wahai malaikat maut, cabutlah rohnya dari arah lain."
     Kemudian malaikat maut pun mencoba mencaut roh orang mukmin itu dari arah tangan.Namun, tangan orang mukmin itu berkata, "Tidak ada jalan bagimu untuk mencabut roh orang mukmin ini melalui jalan ini karena tangan ini telah mengeluarkan sedekah, mengusap kepala anak-anak yatim, dan menulis ilmu pengetahuan.
     Merasa gagal untuk mencabut roh orang mukmin itu dari arah tangan, malaikat maut mencoba dari arah kaki. Namun kaki berkata, "Tidak ada jalan bagimu mencabut roh orang mukmin ini melalui jalan ini karena kaki ini senantiasa berjalan untuk megnerjakan salat berjamaah dan menghadiri majelis-majelis taklim."
     Usaha malaikat maut berlanjut untuk mencabut roh melalui telinga, namun kembali gagal karena telinga berkata, "Tidak ada jalan bagimu mencabut roh orang mukmin ini melalui jalur ini karena telinga ini senantiasa mendengar bacaan Al-Qur'an dan zikir."
     Pada akhirnya malaikat maut mencoba untuk mencabut roh orang mukmin iitu dari arah mata. Belum sempat menghampiri mata, mata pun berkata, "Tidak ada jalan bagimu mencabut roh orang mukmin ini melalui jalan ini karena mata ini senantiasa melihat beberapa mushaf dan kitab-kitab."
     Malaikat maut kembali kepada Allah swt. dan memberitahukan masalah yang dihadapinya.
Allah swt. berfirman, " Wahai malaikat-Ku, tulislah nama-Ku di telapak tanganmu dan tunjukanlah kepada roh orang yang beriman itu."
     Setelah mendengar perintah Allah swt., malaikat maut pun pergi menghampiri roh orang itu dan menunjukkan nama Allah swt. Pada saat roh melihat nama Allah swt., terbitlah rasa cinta kepada Allah swt. Dengan tenang dan damai, keluarlah roh dari arah mulut orang mukmin tersebut.
                                                                     Sumber: Kisah-Kisah Islami

By : Solehudin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Jangan Menggunakan Kata-kata kotor
2. Jangan mengejek orang lain
3. Jangan Menggunakan Bahasa yang jelek

Subscribe via email

Followers